Senin, 10 Agustus 2015

pemasangan saklar tunggal dan double (ganda)


Anda sudah pasti tahu mengenai saklar tunggal atau ganda (double) yang biasanya untuk menghidupkan/ mematikan lampu dirumah. Saklar jenis ini berfungsi untuk mengontrol 1/2 buah lampu, dan cara kerjanya hanya memutus atau menyambungkan arus listrik baik dari PLN maupun mesin Diesel/Jenset. Seringkali kita lihat seseorang memasang saklar ini asal-asalan atau tidak mengikuti tatacara yang benar, sehingga bisa mengakibatkan konsleting listrik bahkan kebakaran. Untuk itu dalam memasangnya harus sesuai dengan standar pemasangan di Indonesia.
Baca juga Cara Memasang regulator gacun pada TV
Alat dan bahan yang diperlukan


  1. Sebelum memasang saklar tentu harus ada alat dan bahannya, berikut contoh perlengkapan yang diperluka 
  2. Saklar tunggal dan saklar ganda
  3. Kabel NYM (kabel kawat tembaga) 1,5 atau 2,5 mm
  4. Fitting lampu 
  5. Box Saklar
  6. Pipa instalasi , biasanya pipa paralon 1/2 inc sebagai pelindung kabel
  7. Klem Pipa
  8. Obeng dan Tespen
  9. Tang kombinasi
  10. Lakban/ Isolasi

Langkah langkah pemasangan saklar
Setelah semua alat dan bahan sudah disiapkan selanjutnya adalah cara memasangnya.
Buatlah Titik untuk pemasangan saklar lampu pada dinding kemudian lubangi Jika perlu sebesar Box saklar dengan ketinggian minimal 1,5 meter (jauh dari jangkauan anak-anak).
Masukkan 2 buah kabel (untuk saklar tunggal) dan 3 buah kabel untuk saklar ganda.
 kabel induk fuse yang dihubungkan ke saklar sedangkan kabel hitam (ground) langsung ke fitting lampu, jadi arus yang diputus adalah jika ditespen nyala, sehingga saat lampu dimatikan tidak kedip-kedip, karena biasanya lampu elektrik akan nyala sebelah jika jalur Fuse tidak dinonaktifkan (tidak dihubungkan ke saklar).
Sedangkan pada Saklar tunggal cara menyambungnya tentu jauh lebih mudah, pada gambar diatas kita ambil saja sebelah kiri. jadi cuma ada dua kabel yang masuk kedalam pipa, sedangkan untuk saklar ganda ada 3 buah kabel.
Setelah penyambungan selesai tinggal kita tata kebelnya biar rapi.
Kemudian jika sebelumnya didinding kita kubangi, sebaiknya dicor dahulu dengan semen pasir. setelah itu baru bisa kita coba.
Mudah-mudahan tutorial diatas bisa membantu, karena pada dasarnya memasang saklar lampu itu sangat mudah, hanya saja kita perlu berhati-hati dalam memasangnya, sebab berhubungan dengan arus PLN langsung. Selain itu kerapian dalam memasang adalah hal yang utama karena instalasi listrik yang buruk bisa berakibat fatal nantinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan sopan santun dan tata krama yang baik