Kamis, 13 Agustus 2015

Imam Malik


Imam Malik jika kedatangan tamu selalu bertanya tentang tujuan kedatanganya. Jika untuk urusan dunia Imam malik langsung meneruskan pertemuanya. Dan jika tujuanya ingin belajar ilmu Imam Malik masuk kekamar beliau kemudian keluar lagi menemui tamu tersebut dengan dandanan yang paling bagus dan minyak wangi yang paling harum kemudian menoleh ke kubur Rasulullah saw lalu memulai menyampaikan ilmu dan hadits Nabi saw.

Begitulah cara imam malik dan para ulama dalam menghormati ilmu dan Rasululloh saw. Di kisahkan bahwa Imam Muhammad al baqir setiap membaca hadits Nabi wajahnya pucat seperti orang yang ketakutan karena begitu mengagungkan Rosululloh saw hingga seolah-olah nabi hadir di hadapanya saat membaca ucapan Rasululloh saw.
Inilah yang harus kita contoh dalam menyampaikan dan mengambil ilmu.Kita harus hormati majlis ilmu dan mulyakan majlis ilmu .Jangan sampai kita menyampaikan ilmu dengan merendahkan majlis dengan omongan jorok atau guyonan yang berlebihan.
 Semoga Alloh mengampuni kita dan sebagian para ustadz yang kadang membawakan ayat Alquran atau Hadits dengan guyonan dan tidak hormat kepada Alquran dan Rosululloh.Tidak akan manfaat ilmu yang di ambil atau di sampaikan dengan cara yang tidak baik tersebut. Bahkan itu adalah kekurang- ajaran kepada Alquran dan Rasululloh yang mengundang murka Alloh.Rasululloh pernah mengingatkan bahwa hati akan memuntahkan ilmu dan hidayah yang di sampaikan dengan guyonan dan tanpa adab .Wallohu a'lam bishshowab

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan sopan santun dan tata krama yang baik